Cari Blog Ini

Sabtu, 23 Februari 2013

Language Games


Part of Speech Games

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Belajar dan mengajar adalah suatu interaksi yang terjalin di dalam suatu lingkungan yang disebut Sekolah yang terjadi antara guru dan muridnya. Aktifitas belajar merupakan aktifitas yang dilakukan oleh siswa. Namun terkadang aktifitas belajar dapat menjadi aktifitas yang membosankan bagi siswa bila sang guru mengajar secara monoton, dengan situasi dan kondisi yang selalu serius, dan menjemukan. Hal ini dapat membuat siswa atau peserta didik merasa bosan, tegang, merasa terintimidasi, dan takut. Ini juga dapat berpengaruh pada siswa dalam menyerap pelajaran. Sebagai seorang guru kita perlu merubah – rubah pola mengajar kita serta perlu menyiasati kegiatan yang akan dilakukan, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan “Language Games” atau Permainan berbahasa.
Language Games adalah suatu kegiatan bermain di sela-sela pembelajaran bahasa yang dilakukan guru untuk siswa-siswanya dengan tujuan agar si siswa mengerti materi pembelajaran secara tak langsung melalui games tersebut, sehingga target pembelajaran dapat terpenuhi.
Language games terdiri atas berbagai macam permainan yang bisa guru gunakan sesuai dengan materi pembelajaran yang hendak diberikan. Salah satunya adalah “Part Of Speech-Letter” yang berkaitan dengan materi Part Of Speech serta pengembangan Vocabulary.
Mengadakan Games pada kegiatan pembelajaran dapat membuat siswa berperan aktif dikegiatan atau dalam permainan tersebut, sehingga hal ini memberikan dampak positif, selain siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran, guru juga secara langsung mengubah suasana belajar yang mulanya kaku, tegang, dan terlalu serius menjadi lebih santai dan menghibur, serta penggunaan language games ini dapat mempermudah siswa dalam menyerap materi pembelajaran yang terselip ketika games dimainkan.
Di dalam laporan ini akan memaparkan tentang salah satu contoh language games yaitu Part Of Speech – Letter.


1.2 Tujuan dan Manfaat
Tujuan dan manfaat language games bagi guru dan murid adalah :
Ø  Memberikan hiburan sekaligus nuansa baru dalam kegiatan belajar – mengajar untuk mengurangi kejenuhan atau rasa bosan.
Ø  Memudahkan guru dalam memberi penjelasan mengenai suatu materi pelajaran yang sedang guru ajarkan dengan menerapkannya dalam bentuk permainan.
Ø  Membangkitkan semangat serta motivasi siswa untuk dalam belajar. Sehingga siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang akan dipelajari karena disajikan dalam bentuk permainan.
Ø  Bertujuan untuk memberikan materi pelajaran secara tak langsung melalui games tersebut.
Ø  Menumbuhkan rasa solidaritas dan dan sportifitas antar peserta didik.
Ø  Siswa berperan aktif dalam permainan sekaligus pembelajaran tersebut.
Ø  Games yang digunakan dapat membuat siswa menambah pengetahuan vocabulary serta part of speech dari tiap jawaban temannya.
Ø  Membantu siswa mengingat pelajaran lebih mudah dan cepat.



BAB II
PART OF SPEECH – LETTER

2.1 Definisi Permainan
Language Games adalah suatu kegiatan bermain di sela-sela pembelajaran bahasa yang dilakukan guru untuk siswa-siswanya dengan tujuan agar si siswa mengerti materi pembelajaran secara tak langsung melalui games tersebut, sehingga target pembelajaran dapat terpenuhi.
Permainan Part Of Speech - Letter  merupakan permainan sejenis tebak – tebakan yang pada prakteknya siswa diminta menebak atau menjawab kata berdasarkan petunjuk Huruf serta Part Of Speech yang disebutkan guru. Games ini hanya bisa diterapkan pada siswa Upper Intermediate (menengah Atas).

2.2 Aturan Permainan
Dalam permainan ini guru bertindak sebagai wasit atau juri. Permainan ini dimainkan oleh beberapa grup, yang masing-masing grup terdiri atas 2 orang pemain. Guru akan memberikan “clue” atau petunjuk dengan menyebutkan Jenis atau kategori Part Of Speech-nya, kemudian guru hanya akan menyebutkan Huruf awal dari kata yang dimaksud. Pemain harus berebut untuk menjawabnya.
Misalnya, Guru mengatakan “find a word for Noun from letter A !” maka siswa akan menjawab : “Apple!”
Atau guru meminta kategori Adjective dengan huruf B, pemain akan menjawab “Beautiful”.
Bagi yang benar menjawab soal, guru akan memberi reward, namun bagi yang salah guru akan menghukum grup yang salah dalam menjawab.



2.3    Cara Bermain
Alat yang digunakan : Papan Tulis dan Spidol.
Seperti yang telah dijelaskan dalam peraturan permainan. Guru akan memberikan “clue” atau petunjuk dengan menyebutkan Jenis atau kategori Part Of Speech-nya, kemudian guru hanya akan menyebutkan Huruf awal dari kata yang dimaksud. Pemain harus berebut untuk menjawabnya. Namun,  kali ini pola permainan dirubah atau dimodifikasi oleh penulis. Guru akan menyebutkan Huruf dengan angka sesuai dengan urutan dalam alfabet.
A = 1                                         K = 11                                                U = 21
B = 2                                          L = 12                                     V = 22
C = 3                                          M = 13                                   W = 23
D = 4                                         N = 14                                                X = 24
E = 5                                          O = 15                                                Y = 25
F = 6                                          P = 16                                     Z = 26
G = 7                                         Q = 17
H = 8                                         R = 18
I = 9                                           S = 19
J = 10                                        T = 20
Misalnya, guru menyebutkan kategori Verb, letter no.7. Setelah guru menyebutkan demikian, maka siswa harus berebut untuk menuliskan jawabannya di papan tulis. Guru hanya menyediakan 1 buah Spidol. Jadi yang bisa menjawabnya hanya 1 kelompok. Jika siswa benar menjawabnya, maka guru akan memberikan reward bagi grup tersebut.
Pada permainan ini guru akan menggunakan part of speech : Verb (transitif dan Intransitif), Adjective, dan Noun. Dengan jumlah soal 15 dengan masing-masing kategori memiliki 5 soal.
Untuk Soal Noun Letter No :
Untuk soal Adjective, Letter No :
Untuk soal Verb, Letter No :


BAB III
TEACHING PRACTICE
a.      Skill                            : Vocabulary
b.      Topic                          : Part of speech
c.      Level of student       : Upper intermediate
d.      Step of teaching


No.
time
Teacher’s activity
Student activity
1.
2’
Greeting
Student response
3.
5’
Tell the rules of the game
Student response
4.
10’
Playing the game
Student response
5.
3’
closure
Student response






BAB IV
PENUTUP

4.1  Kesimpulan
Language Games adalah suatu kegiatan bermain di sela-sela pembelajaran bahasa yang dilakukan guru untuk siswa-siswanya dengan tujuan agar si siswa mengerti materi pembelajaran secara tak langsung melalui games tersebut, sehingga target pembelajaran dapat terpenuhi.
Mengadakan Games pada kegiatan pembelajaran dapat membuat siswa berperan aktif dikegiatan atau dalam permainan tersebut, sehingga hal ini memberikan dampak positif, selain siswa menjadi lebih bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran, guru juga secara langsung mengubah suasana belajar yang mulanya kaku, tegang, dan terlalu serius menjadi lebih santai dan menghibur, serta penggunaan language games ini dapat mempermudah siswa dalam menyerap materi pembelajaran yang terselip ketika games dimainkan.




Daftar Pustaka
Rini, Ayu.2005. Excellent English Games. Bekasi : Kesaint Blanc


Tidak ada komentar: